Mengenal Teknik Penilaian dalam Kurikulum Merdeka, Fokus pada Pengembangan <i>Soft Skill</i> Peserta Didik
Ilustrasi belajar di sekolah (foto: pixabay/vidhyartidarpan)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kurikulum Merdeka adalah metode pembelajaran yang mengaju pada pendekatan bakat dan minat. Dengan kurikulum ini, pelajar bisa mengembangkan soft skill dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Kurikulum Merdeka juga fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Lantas, bagaimana teknik penilaian dalam Kurikulum Merdeka?

Teknik Penilaian dalam Kurikulum Merdeka

Perlu diketahui, penilaian atau evaluasi hasil belajar merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui pencapaian belajar dari peserta didik yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Kegiatan ini ditujukan untuk memperbaiki cara belajar peserta didik.

Nah, dalam Kurikulum Merdeka, teknik penilaian dibagi menjadi 7 macam. Dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 22 April 2024, berikut ini adalah 7 teknik penilaian dalam Kurikulum Merdeka yang perlu Anda ketahui: 

1. Teknik penilaian tertulis

Teknik penilaian Kurikulum Merdeka yang pertama adalah tes tertulis. metode ini bertujuan untuk mengukur atau memperoleh informasi tentang kemampuan peserta didik.

Tes tertulis dapat berbentuk esai, pilihan ganda, uraian, atau bentuk-bentuk tes tertulis lainnya.

2. Teknik penilaian observasi

Berikutnya, ada observasi. Teknik penilaian yang satu ini merupakan suatu rangkaian penilaiain yang dilakukan dengan pengamatan secara sistematis dan berkesinambungan terhadap sikap atau perilaku peserta didik yang muncul selama proses pembelajaran berlangsung.

Teknik penilaian ini dapat difokuskan untuk semua peserta didik atau per individu. Observasi bisa dilakukan dalam tugas atau aktivitas rutin/harian ketika pembelajaran berlangsung.

3. Teknik penilaian kinerja

Teknik penilaian berbasis kinerja adalah metode evaluasi hasil belajar yang menuntut peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke berbagai macam konteks sesuai dengaan kriteria yang diinginkan.

Penilian kinerja dapat berupa praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, atau membuat portofolio.

Asesmen kinerja dapat berupa praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, atau membuat potofolio.

Dalam teknik ini, keterampilan yang ditunjukkan peserta didik merupakan aspek yang akann dinilai. Penilaian terhadap keterampilan didasarkan pada kualitas kinerja peserta didik dengan target yang sudah ditetapkan.

4. Teknik penilaian projek

Teknik penilaian dalam Kurikulum Merdeka yang selanjutnya adalah penilaian projek. Metode ini bisa dilakukan secara individu maupun kelompok dengan jumlah siswa yang dapat diatur oleh guru sesuai kebutuhan.

Cakupan tugas yang diberikan oleh guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan bisa dikerjakan pada jam sekolah maupun di luar jam sekolah.

5. Teknik penilaian penugasan

 Teknik penilaian dalam Kurikulum Merdeka yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan yang diberikan sebelum atau selama proses pembelajaran.

Tugas yang diberikan kepada siswa dapat dikerjakan secara individu maupun kelompok sesuai karakteristik tugas yang diberikan.

6. Teknik penilaian lisan

Tes lisan termasuk bagian dari tes penilaian pengetahuan. Tes lisan bisa berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan. Jawaban dari tes lisan bisa berupa kata, frasa, kalimat, ataupun paragraf.

7. Teknik penilaian portofio

Teknik penilaian Kurikulum Merdeka yang terakhir adalah portofolio. Teknik penilaian portofolio adalah kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan dalam kurun waktu tertentu.

Adapun langkah-langkah penilaian portofolio, antara lain:

  • Menjelaskan kepada siswa maksud penugasan portofolio.
  • Menjelaskan sampel-sampel porotofolio yang bisa digunakan.
  • Siswa harus mengumpulkan dan mengarsipkan portofolio.
  • Siswa mencamtumkan tanggal pembuatan pada setiap evidence.
  • Menentukan kriteria penilain-sampel-sampel portofolio.
  • Melakukan perbaikan terhadap portofolio yang belum sesuai dengan kriteria.

Demikian informasi tentang teknik penilaian dalam Kurikulum Merdeka. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.