Ingin Diet? Inilah Durasi Olahraga Ideal yang dapat Anda Lakukan
Ilustrasi olahraga yoga (foto: istimewa)

Bagikan:

SUMATERA BARAT - Olahraga menjadi salah satu cara bagi orang-orang yang bertekad untuk menurunkan berat badan. Namun, berapa durasi olahraga ideal yang bertujuan untuk menurunkan berat badan?

Dalam program penurunan berat badan, olahraga bertujuan untuk mempercepat proses metabolisme tubuh. Dengan demikian, jumlah kalori yang terbakar akan semakin tinggi.

Olahraga menjadi jalan terbaik untuk mendapatkan berat badan ideal, terlebih jika diimbangi dengan pola makan yang tepat.

Saat ini, olahraga yang menjadi tren adalah olahraga dengan durasi yang pendek. Namun, kemungkinan besar, Anda tak akan berhasil menurunkan berat badan dengan cara ini.

Mengutip Very Well Fit, perlu beberapa jenis latihan dengan durasi yang disarankan untuk mencapai tujuan tersebut.

Secara garis besar, American College of Sport Medicine (ACSM) mengungkapkan bahwa seseorang memerlukan olahraga durasi 150-250 menit per minggu dengan intensitas sedang hingga tinggi untuk meraih berat badan ideal. Berolahraga lebih lama akan memberikan hasil yang lebih baik.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa Anda memerlukan olahraga dengan durasi 40 menit setiap hari.

Namun, durasi yang terlalu lama terkadang menimbulkan rasa bosan. Selain itu, untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan secara efektif, Anda perlu mengombinasikan jenis olahraga dengan intensitas yang saling berbeda.

Dengan demikian, Anda perlu menyesuaikan durasi latihan dengan mengelompokkannya ke beberapa jenis olahraga dengan intensitas berbeda.

Olahraga intensitas tinggi (20-30 menit)

High intensity interval training (HITT) harus dilakukan dalam waktu singkat. Pasalnya, tubuh tak bisa bekerja keras untuk jangka waktu yang lama.

HITT harus berlangsung selama 20-30 menit dengan intensitas berat. Jika Anda menyusun olahraga intensitas tinggi dengan benar, Anda bisa membakar lebih banyak kalori.

Untuk mengukur intensitas olahraga, Anda dapat melakukannya dengan memonitor detak jantung.

Olahraga intensitas ringan (30-45 menit)

Tujuan dari olahraga jenis ini adalah membuat tubuh dan pikiran beristirahat sejenak. Pemulihan dengan tetap menggerakkan tubuh ini memberi dua manfaat sekaligus; mengistirahatkan tubuh namun tetap membakar kalori.

Anda dapat melakukan beberapa gerakan intensitas ringan. Bagi banyak orang, jalan santai atau berenang sering menjadi pilihan yang baik. Yoga juga bisa menjadi pilihan. Olahraga ini dapat dilakukan selama 30-45 menit.

Olahraga intensitas sedang (45-90 menit)

Olahraga jenis ini membakar lebih banyak kalori dibandingkan olahraga intensitas ringan. Meski membakar lebih banyak kalori, olahraga ini tetap memungkinkan tubuh untuk beristirahat dan kembali menyambut sesi olahraga intensitas tinggi setelahnya.

Namun, Anda perlu berolahraga dalam jangka waktu yang lebih lama untuk membakar kalori. Anda bisa membuat sesi ini berlangsung selama 45 menit atau lebih.

Solusi Kombinasi Durasi Olahraga

Jika Anda merasa kesulitan menjadwalkan semua jenis olahraga ke dalam rutinitas mingguan, tak perlu khawatir.

Anda bisa memulainya dengan memilih dua hari dalam setiap minggu untuk menjalankan olahraga intensitas berat berdurasi 20-30 menit.

Untuk memulihkan tubuh, jadwalkan selalu olahraga intensitas ringan tepat satu hari setelah Anda melakukan olahraga intensitas berat. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dan yoga selama 30-45 menit.

Sementara untuk sisa tiga hari lainnya, luangkan waktu Anda untuk melakukan olahraga intensitas sedang dengan durasi 45-90 menit.

Ikuti info dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!