4 Barang Ini Perlu Dibawa Pengendara Motor di Musim Hujan
Ilustrasi pengendara motor di musim penghujan (Foto: Istimewa)

Bagikan:

SUMATERA BARAT - Pengendara sepeda motor direkomendasikan menyiapkan beberapa perlengkapan tambahan yang dapat menunjang keamanan dan kenyamanan pengendara dalam kondisi curah hujan tinggi seperti akhir-akhir ini.

Hujan yang melanda berbagai wilayah Indonesia selama Februari membuat berkendara lebih sulit, apalagi jika debit air terlalu tinggi dan menyebabkan banjir di mana-mana.

Oleh karena itu, pengendara perlu membawa perlengkapan barang-barang yang bisa dibawa untuk menghadapi musim hujan:

1. Jas hujan

Perlengkapan ini adalah hal paling pokok yang dibawa bagi pengendara agar tetap dapat beraktivitas saat hujan mulai turun. Jenis jas hujan yang paling direkomendasikan adalah setelan yang terdiri dari celana panjang dan kemeja antiair.

Jenis setelan ini dapat memberi ruang gerak yang bebas bagi pengendara motor. Hal tersebut penting saat berkendara dalam kondisi sulit ketika hujan. Memilih jas hujan juga sebaiknya yang berwarna cerah agar pengguna jalan lain dapat melihat, walau visibilitas berkurang saat hujan.

Pengendara tidak disarankan menggunakan jas hujan jenis ponco, sebab pada dasarnya jenis tersebut tidak didesain untuk berkendara. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari potensi kecelakaan karena bagian jas hujan ponco yang menjuntai berpotensi tersangkut pada komponen bergerak sepeda motor.

2. Sarung tangan

Pilihlah sarung tangan yang menutupi seluruh ruas jari. Pengendara diimbau untuk memilih sarung tangan bahan kulit yang memiliki daya serap air rendah. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir tingkat kelicinan saat harus memutar pedal gas dan tetap nyaman dipakai ketika hujan.

3. Sarung sepatu

Pilihlah sarung sepatu yang sesuai dengan ukuran sepatu yang digunakan, dan pastikan bagian tapaknya antiselip. Mencari sarung sepatu tentu harus memilih yang kualitasnya cukup baik, misalnya pengikat tali yang tidak mudah lepas.

4. Cairan antiembun

Embun di kaca helm adalah hal kecil namun cukup berisiko, karena pandangan pengendara akan terhalang. Cairan antiembun menjadi salah satu pilihan yang dapat dibawa pengendara saat musim hujan.

Manager Safety Riding Astra honda Motor (AHM) Johanes Lucky menjelaskan, perlengkapan berkendara yang tepat di musim hujan akan mendukung keselamatan dan keamanan pengendara.

"Kecermatan sebagai bikers dalam memilih perlengkapan mengendarai sepeda motor saat hujan tentu akan semakin mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Pemilihan warna, desain, dan jenis bahan dapat menjadi pertimbangan agar kita tetap saling menjaga keselamatan berkendara di jalan," jelas Lucky.

Ikuti info dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!