Wisata di Belitung yang Tak Kalah Menarik dengan Wisata Pantainya, Sudah Tahu?
Sekolah Laskar Pelangi di Belitung (Foto: Istimewa)

Bagikan:

SUMATERA BARAT -- Belitung terkenal dengan wisata pantai yang sangat menawan. Beberapa nama yang populer adalah Pantai Tanjung Tinggi dan Pulau Lengkuas. Para wisatawan dari luar Belitung seolah-olah wajib mengunjungi pantai sebagai kegiatan utama di Belitung. Pemandangan tepi laut yang berhiaskan bebatuan granit besar dan ombak-ombak tenang adalah sajian visual yang akan terus terkenang dari pulau yang berdampingan dengan Pulau Bangka ini.

Namun, tahukah Anda? Ternyata masih ada banyak sekali wisata yang dapat dikunjungi selain pantai. Apa saja? Nah, daripada penasaran, simak ulasannya di bawah ini.

Museum Kata Andrea Hirata

Nama Andrea Hirata dikenal sebagai orang yang membidani suksesnya Laskar Pelangi, novel fenomenal yang diangkat menjadi film layar lebar. Beberapa waktu setelah melejitnya film Laskar Pelangi, beberapa tempat turut diubah menjadi lokasi-lokasi yang berhubungan dengan karya tersebut.

Salah satunya adalah Museum Kata Andrea Hirata. Berlokasi di Jalan Raya Laskar pelangi Nomor 7, Gantong, Belitung Timur, museum ini menyimpan banyak sekali benda yang menyimpan nuansa Laskar Pelangi seperti foto-foto penulis, dan ruangan dengan buku-buku hingga poster film Laskar Pelangi. Museum ini didirikan pada 2012 lalu dan menjadi wisata pendidikan dan kebudayaan yang tersohor di Belitung hingga hari ini.

Danau Kaolin

Danau Kaolin ini berupa pemandangan alam yang unik dan jarang ditemukan di tempat lain. Airnya berwarna biru menyala dan dikelilingi oleh tebing-tebing kapur. Sekilas nampak seperti Kawah Putih di Ciwidey, Bandung dan Kawah Tinggi Raja.

Tempat ini sebelumnya adalah bekas pertambangan berupa lubang penggalian yang disebut masyarakat setempat sebagai camuy. Setelah tambang tidak digunakan lagi, lubang tersebut dibiarkan begitu saja hingga terisi air. Untuk menemukan Danau Kaolin ini, wisatawan harus menempuh perjalanan menuju Desa Air Raya, Tanjung Pandan, Belitung.

Sekolah Laskar Pelangi

Masih ingat dengan sekolah yang didatangi Ikal dan teman-temannya di film Laskar Pelangi? Hingga sekarang, bangunan tersebut masih ada dan dijadikan sebagai salah satu objek wisata di Belitung Timur, meskipun hanya berupa replika. Sekolah itu lebih populer dengan nama SD Muhammadiyah Gentong. Karena berlokasi cukup jauh dari Tanjung Pandan, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 100 km. Jarak sejauh itu bisa ditempuh hanya dalam waktu satu jam, sebab jalanan relatif sepi.

Kota Manggar, Negeri 1001 Kopi

Manggar adalah ibu kota di Kabupaten Belitung timur. Daerah ini terkenal akrab dengan aroma kopi. Masyarakatnya begitu akrab dengan minuman tersebut, tak heran jika pengunjung menemukan banyak penjual kopi di pinggir-pinggir jalan. Pengunjung dapat menikmati kopi kapan saja, karena tersedia warung yang buka hingga tengah malam. Karena hal ini, Manggar dijuluki sebagai negeri 1001 kopi. Untuk menikmati kopi dengan cita rasa asli ini, wisatawan harus menempuh jarak 90 km dari Tanjung Pandan.

Air Terjun Gurok Beraye

Air Terjun Gorok Berayu terletak di pedalaman Belitung, tepatnya di Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau. Pengunjung harus menempuh jarak 32 km dari Tanjung Pandan. Tapi tenang, sepanjang jalan perjalanan akan ditempuh dengan mulus karena jalur aspal yang halus.

Hanya saja, wisatawan masih harus menempuh jalur setapak hingga sampai di depan air terjun yang tidak terlalu tinggi ini. Di bagian bawah terdapat kolam air yang jernih. Suasana hutan lebat dengan kicauan burung bersautan menjadi ciri khas tempat wisata ini. Tak jarang juga terdapat monyet yang berkeliaran.

Ikuti info dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!